Cara memperbaiki Playstore tidak bisa dibuka di Android

apakah sobat pernah mengalami permasalahan dengan aplikasi Google Playstore yang ada di Hp Android sobat? pasti sangat mengesalkan sekali jika hal tersebut benar sedang menimpa sobat, bisa jadi bukan sobat yang mengalami permasalahan tersebut tapi teman sobat yang saat ini sedang mengalami masalah tersebut dan kemudian bertanya kepada sobat tentang bagaimana cara memperbaiki Playstore tidak bisa dibuka dan sobat berusaha membantu untuk mengatasi error pada google playstore hp teman sobat tersebut.

Banyak para pengguna Android yang mengalami permasalahan seputar aplikasi yang terdapat di android seperti contohnya aplikasi Google playstore tidak bisa dibuka atau aplikasi playstore tiba-tiba berhenti beroperasi dan muncul pemberitahuan seperti “Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped”, ada juga yang mengalami google playstore tidak ada sambungan dan google playstore tidak bisa digunakan untuk download atau google playstore bisa download tapi prosess download tidak bisa selesai atau stuck prosesnya.

Apa sih yang menyebabkan Playstore error dan tidak bisa dibuka?

Nah pertanyaan mengenai permasalahan ini yang paling banyak dan paling sering saya dengar, banyak sekali hal yang dapat menyebabkan playstore menjadi error dan biasanya terjadi dikarenakan adanya permasalahan pada sistem android yang sobat gunakan.

Seperti halnya permasalahan aplikasi yang terdapat pada android umumnya, aplikasi error biasanya diakibatkan oleh karena terdapat banyaknya file sampah atau berkas kadaluarsa yang rusak pada file aplikasi atau sistem android sobat, hal tesebut dapat diminimalisir jika sobat rajin membersihkan sistem android sobat dari file sampah ( junk Files ) tersebut, bisa dengan manual atau dengan bantuan aplikasi Cleaner yang banyak terdapat pada Google Playstore.

Penyebab playstore tidak bisa dibuka lainnya bisa jadi dikarenakan akibat kerusakan sistem android seperti contohnya proses rooting yang tidak sempurna.

Cara memperbaiki playstore error dan tidak bisa dibuka

Untuk mengatasi Playstore erros seperti tidak bisa dibuka dan tiba-tiba berhenti sendiri bisa sobat simak caranya berikut ini :

Buka pada menu settings atau pengaturan android sobat .

playstore tidak bisa dibuka

Selanjutnya Pilih manager aplikasi atau menu Apps kemudian geser ke kiri untuk menampilkan tab “semua” atau all lalu geser layar hingga tampil ikon aplikasi Google playstore.

Cara memperbaiki PlayStore tidak bisa dibuka

Sobat bisa coba terlebih dahulu untuk mencoba memperbaiki playstore yang error tersebut dengan membersihkan file Cache pada aplikasi tersebut dan kemudian sobat bisa coba jalankan kembali aplikasi playstore pada hp sobat apakah sudah bisa atau belum, jika belum bisa lanjut ke langkah berikutnya.

membersihkan file sampah
Kembali ke menu Manager aplikasi sobat bisa pilih menu yang terdapat pada pojok kanan atas dan pilih opsi reset preferensi aplikasi atau “reset apps preference”, silahkan sobat coba buka lagi playstore sobat sudah normal atau belum? Jika belum lanjut ke langkah berikutnya.

reset preferensi aplikasi


Jika setelah menggunakan semua cara diatas tetap belum berhasil dan playstore masih tidak bisa dibuka maka dengan terpaksanya sobat harus menggunakan langkah selanjutnya dengan me-reset android sobat kembali ke pengaturan pabrik.

aplikasi playstore tidak bisa dibuka

Yang perlu diketahui jika sobat hendak menggunakan langkah tersebut untuk mengatasi error pada aplikasi android sobat, hendaknya sobat terlebih dahulu mem-backup data yang terdapat pada meori internal Hp sobat, karena proses ini akan menghapus semua data yang terdapat di memori internal sobat dan mengembalikan sistem Hp android sobat seperti saat sobat pertama kali aktifkan.

Silahkan sobat buka menu backup & reset pada menu setting atau pengaturan kemudian silahkan sobat pilih opsi Factory data reset kemudian pilih “kembali ke pengaturan Pabrik” dan tunggu hingga proses Factory data reset selesai.

Semoga tips dan langkah cara memperbaiki Playstore yang tidak bisa dibuka di android ini bisa menyelesaikan masalah aplikasi error pada android sobat, semoga bermanfaat.

0 Response to Cara memperbaiki Playstore tidak bisa dibuka di Android

Posting Komentar